Logo Bloomberg Technoz

"Cepat atau lambatnya (proses penyelidikan) itu tidak jadi masalah bagi kita. Karena butuh waktu juga, nggak bisa serta merta begitu hari ini terjadi, tujuh hari kemudian langsung keluar hasilnya. Yang ada malah kalau buru-buru kita nggak tahu, dari mana sumber penyebabnya itu dari mana," tegasnya.

Seperti diketahui, Smelter milik PT GNI yang berlokasi di Morowali Utara terbakar pada Kamis sore (28/12/2023), selang tak sampai sepekan setelah insiden ledakan maut di tungku smelter nikel PT ITSS di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Sedangkan untuk insiden smelter ITSS sebelumnya terjadi sekitar pukul 5:30 WIB, Minggu (24/12/2023) di sebuah tungku yang sedang dalam masa pemeliharaan. Residu bocor keluar dari tungku dan bersentuhan dengan benda-benda yang mudah terbakar, menyebabkan kebakaran.

Akibat kecelakan kerja ini, tercatat korban meninggal dunia sebanyak 19 orang yang terdiri atas 8 orang pekerja dari China dan 11 pekerja dari Indonesia. Terbaru IMIP melaporkan bahwa 3 korban PT ITSS kini dirujuk untuk perawatan di RSUD Morowali.

(prc/spt)

No more pages