Logo Bloomberg Technoz

DPR Akan Panggil Pengusaha Smelter di Morowali Buntut Insiden

Pramesti Regita Cindy
30 December 2023 11:20

Insiden smelter meledak milik PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI. (Tangkapan Layar video/ Ist)
Insiden smelter meledak milik PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI. (Tangkapan Layar video/ Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menyebut akan memanggil para pengusaha Smelter untuk menindaklanjuti dua insiden smelter yang terjadi dalam waktu berdekatan, yakni smelter milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara dan smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah.

“Pemanggilan setelah masa sidang (reses berakhir) pada tanggal 15 Januari," ujar Eddy ketika dihubungi oleh Bloomberg Technoz, Sabtu (30/12/2023).

Eddy juga menyebut bahwa pihaknya yakni Komisi VII, juga akan memanggil kementerian terkait untuk dimintai keterangan lebih lanjut atas terjadinya kedua insiden kebakaran smelter ini.

"Termasuk juga dari kementerian perindustrian dan ESDM. Karena smelter-smelter yang berdiri sendiri, itu koordinasinya di bawah Kementerian Perindustrian. Sementara pemilik smelter yang punya usaha tambang juga, itu koordinasinya di bawah Kementerian ESDM," jelasnya.

Disatu sisi, Eddy mengklaim telah meminta kepada pemerintah untuk menghentikan sementara pengoperasian smelter, sembari dilakukannya audit terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dan turunnya hasil penyidikan terhadap smelter-smelter ini. Namun ia tidak mempermasalahkan proses penyidikan yang menurutnya memang membutuhkan waktu.