Logo Bloomberg Technoz

"Ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpangnya digeser ke reklamasi, atau penduduknya yang digeser di relokasi. Saya kira akan diputuskan oleh Pertamina dan Gubernur DKI," katanya.

Bicara soal kawasan penyangga Depo BBM Plumpang, lanjut Jokowi, sudah pernah diusulkan oleh Pemprov DKI Jakarta tak lama setelah kebakaran yang terjadi pada 2009. "Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat di kanan kirinya [Depo BBM Plumpang] sungai," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin meminta agar depo Pertamina Plumpang direlokasi ke daerah pelabuhan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). Tidak hanya itu, Ma’ruf menegaskan pemerintah akan menata ulang kawasan di sekitar Depo Pertamina Plumpang yang terbakar. 

“Saya berharap depo ini, supaya lebih aman, bisa direlokasi ke pelabuhan di kawasan Pelindo. Daerah ini nanti akan ditata ulang supaya lebih teratur, lebih baik dan lebih aman dan memenuhi persyaratan sebagai suatu daerah yang berada di wilayah ibu kota,” ungkap Ma’ruf saat kunjungan ke lokasi kebakaran Depo BBM Plumpang, Sabtu (4/3/2023). 

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan zona penyangga atau buffer zone di objek-objek vital nasional masih sangat tipis. Untuk di lingkungan kerja Pertamina, menurutnya, terjadi  penurunan signifikan terhadap zona penyangga pasca 1998. 

Suasana pemukiman dekat Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

“Bapak Presiden sudah menginstruksikan untuk pemerintah daerah, khususnya Pak Heru [Budi Hartono] sebagai Plt Gubernur dan kami dari pemerintah pusat, baik Kementerian BUMN maupun Kapolri untuk menyinkronisasikan tata kelola bersama karena kondisi objek vital nasional ini rata-rata buffer zone-nya atau jaraknya itu sangat tipis,” kata Erick dalam keterangan pers di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan, Sabtu (4/3/2023).

Erick menjelaskan bahwa, pada periode 1971 hinga 1987, buffer zone Pertamina masih tergolong aman. Namun, penurunan lahan buffer zone terjadi pascareformasi. “Ini konteksnya tidak hanya di Plumpang, tetapi juga di objek vital nasional,” katanya.

Seperti diketahui, pada Jumat lalu terjadi kebakaran depo Pertamina, wilayah Plumpang, Jakarta Utara. Kebakaran depo Pertamina menelan korban jiwa sebanyak 19 orang dan luka-luka 37 orang yang seluruhnya merupakan warga sekitar. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, total 297 warga masih bertahan di pengungsian pasca tempat tinggal mereka terdampak.

(rez/wep)

No more pages