Logo Bloomberg Technoz

Hilirisasi Batu Bara: China Bakal Masuk, RI Siapkan Insentif

Sultan Ibnu Affan
29 December 2023 18:20

Ilustrasi Tambang Batu Bara (esdm.go.id)
Ilustrasi Tambang Batu Bara (esdm.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mensinyalir China bakal masuk dalam proyek hilirisasi batu bara dalam negeri, setelah hengkangnya perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Air Air Products & Chemical Inc (APCI) dari proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME).

"Sementara ini memang ada 1 perusahaan dari China," ujar Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batu Bara Irwandy Arif saat ditemui, Jumat (29/12/2023).

Sebelumnya, pada awal 2023, APCI sendiri mengundurkan diri dari proyek DME, yang dipenggawai oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Proyek mercusuar DME oleh PTBA dan APCI itu sejatinya direncanakan selama 20 tahun di wilayah Bukit Asam Coal Based Industrial Estate (BACBIE) yang berada di mulut tambang batu bara Tanjung Enim, Sumatra Selatan.

Namun, Irwandy belum mengetahui proses negosiasi lanjutan PTBA dengan perusahaan asal Negeri Panda itu. "Saya belum tahu seberapa jauh progres mereka [PTBA] mencari partner [dalam penghiliran batu bara] ini," ujar dia.

Meski demikian, sejalan dengan ambisi Indonesia dalam bidang peghiliran batu bara, termasuk menekan emisi karbon, pemerintah bakal menggelontorkan berbagai insentif kepada perusahaan yang ingin melakukan gasifikasi batu bara.