Logo Bloomberg Technoz

China Ingin Dominasi Era Baru Produsen Kapal Ramah Lingkungan

News
29 December 2023 19:00

Kapal China. (Dok: Bloomberg)
Kapal China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News - Bloomberg News

Bloomberg, China ingin memperluas keunggulannya dalam pembuatan kapal global ke generasi baru kapal yang membakar bahan bakar yang lebih bersih atau ramah lingkungan.

Menurut pernyataan bersama yang dirilis oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi dan empat departemen lainnya, negara ini menargetkan membangun lebih dari setengah kapal global yang ditenagai oleh bahan bakar rendah karbon, termasuk gas alam cair dan metanol hijau pada tahun 2025. 

Tujuan ini sejalan dengan rencana Beijing untuk membuat kompleks industrinya yang masif menjadi lebih ramah lingkungan di masa depan dengan berfokus pada sektor-sektor yang akan menjadi lebih penting seiring dengan upaya dunia untuk mengurangi emisi dalam beberapa dekade ke depan. China sudah mendominasi produksi global panel surya, baterai, dan kendaraan listrik.

Galangan kapal China membangun lebih dari 50% kapal dunia selama 11 bulan pertama tahun 2023. Namun, pembuatan kapal sedang berada di puncak transformasi besar-besaran, dengan pemilik armada mulai mengganti kapal bertenaga minyak dengan kapal yang membakar bahan bakar yang lebih bersih saat mereka mencoba mencapai janji Organisasi Maritim Internasional untuk meniadakan emisi pada tahun 2050.