Logo Bloomberg Technoz

Luhut Jatuhkan Sanksi ke ITSS, Dugaan Langgar SOP Tungku Smelter

Sultan Ibnu Affan
29 December 2023 16:08

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan akan menindak tegas  PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) soal ledakan di salah satu tungku smelter-nya yang menewaskan 19 pekerja.

Pengambilan tindakan tegas itu diputuskan usai dirinya memimpin rapat koordinasi yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kepala Staf Umum TNI, Kapolda Sulawesi Tengah, Badan Pemelihara Keamanan Polri, dan pemangku kepentingan daerah.

"Saya ingin mengingatkan bahwa negara kita memiliki regulasi yang jelas dan tegas. Siapapun yang melanggar akan dihadapkan pada hukum yang berlaku. Ini bukan hanya tanggung jawab Polri, tetapi semua," ujar Luhut dalam pernyataan resminya, Jumat (29/12/2023).

Saat ini, insiden yang terjadi di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah itu menyebabkan 19 pekerja meninggal, 29 luka berat, dan 11 lainnya luka ringan.

Tim Kemenko Marves mengeklaim penanganan korban yang masih dalam perawatan sudah dilakukan dengan baik, termasuk malakukan evakuasi atas korban yang dirawat ke Makassar dan Jakarta.