Logo Bloomberg Technoz

Rekayasa Lalu Lintas Puncak, Ganjil Genap Hingga Car Free Night 

Pramesti Regita Cindy
29 December 2023 10:30

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan. (Dok. Humas Polri)
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan. (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korps Lalu Lintas akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas sepanjang rute kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat selama masa libur Tahun Baru. Hal ini merujuk pada peningkatan jumlah kendaraan yang sangat tinggi pada masa libur Natal, pekan lalu.

“Melihat kemarin ada 50.000 lebih kendaraan yang masuk ke Puncak padahal kapasitas jalur Puncak hanya 40.000 dalam satu hari. Ada kapasitas yang berlebih sehingga kita melakukan upaya rekayasa lalu lintas,” kata Kepala Korlantas, Inspektur Jenderal Aan Suhanan, Kamis (28/12/2023).

Menurut Aan, jalur puncak menjadi rute masyarakat menuju sejumlah destinasi favorit di kawasan tersebut. Terutama, kata dia, pada saat libur pergantian tahun bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Korlantas rencananya akan menerapkan aturan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor kendaraan atau sistem ganjil genap (gage), Jumat-Minggu (29-31/12/2023). Aturan ini akan diterapkan khusus bagi kendaraan yang menuju ke arah Puncak, dari arah Gadog atau pun Ciawi.

Bahkan, menurut Aan, Korlantas akan menerapkan pembatasan ketat melalui penutupan akses menuju Puncak, pada Ahad mendatang. “Baik dari arah Jakarta, atau Bandung, Cianjur akan kita tutup pada 18.00 WIB, kemudian akan kita clearance pada jam 21.00 WIB," ujar dia.