Logo Bloomberg Technoz

Antam (ANTM) & CBL Resmi Berkongsi Bangun Ekosistem Baterai EV

Mis Fransiska Dewi
29 December 2023 09:38

Ilustrasi pabrik feronikel (dok PT Aneka Tambang Persero)
Ilustrasi pabrik feronikel (dok PT Aneka Tambang Persero)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam resmi berkongsi dengan Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co, Ltd. (CBL) untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Kerjasama itu dilakukan dengan jual beli saham anak usaha Antam (ANTM), yakni PT Sumberdaya Arindo dan PT Feni Haltim. Sedang CBL juga melakukan transaksi kerjasama itu melalui anak perusahaannya, Hong Kong CBL Limited.

Antam (ANTM) melakukan perjanjian jual beli bersyarat antara Sumberdaya Arindo dan Hong Kong CBL pada 16 Januari 2023 dan diselesaikan pada 28 Desember 2023.

Perjanjian dan transaksi serupa turut dilakukan di Feni Haltim pada 4 Mei 2023. Antam (ANTM) kemudian menyelesaikan transaksi atas perjanjian ini pada 28 Desember 2023.

"Antam (ANTM) dan Hong Kong CBL juga telah menandatangani perjanjian terkait rencana pendirian perusahaan untuk hidrometalurgi berdasarkan perjanjian perusahaan patungan HPAL JVCO antara Antam (ANTM) dan Hong Kong CBL pada 22 Desember 2023," terang Sekretaris Perusahaan Antam (ANTM) Syarif Faisal Alkadrie dalam keterangan resmi, Jumat (29/12/2023).