Logo Bloomberg Technoz

Polda Papua Sebut Jayapura Aman Jelang Pemakaman Lukas Enembe

Pramesti Regita Cindy
29 December 2023 09:20

Lukas Enembe (Dok lukasenembe.com)
Lukas Enembe (Dok lukasenembe.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, situasi di Kota dan Kabupaten Jayapura dalam kondisi aman dan tenang menjelang acara pemakaman Lukas Enembe Pagi ini, Jumat (29/12/2023). Rencananya, jenazah mantan gubernur Papua tersebut akan dikuburkan sekitar pukul 10.00 WIT.

"Situasi saat ini di wilayah kota Jayapura dan kabupaten Jayapura masih aman. Cuaca hujan ringan. Aktifitas masyarakat masih lengang," kata Benny ketika dikonfirmasi kepada Bloomberg Technoz, Jumat (29/12/2023). 

Benny juga mengatakan bahwa personel kepolisian juga telah disiapkan dalam mengamankan prosesi pemakaman Lukas. Sejumlah aparat gabungan juga telah bersiaga disekitar lokasi tersebut. 

"Terkait pemakaman jenazah LE (Lukas Enembe) dilaksanakan oleh pihak keluarga dan gereja GIDI. Aparat keamanan memantau di luar komplek rumah duka," kata dia.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Mathius D Fakhiri sendiri telah mengeluarkan ancaman kepada pelaku kerusuhan di prosesi pemakaman Lukas Enembe. Menurutnya, kepolisian akan langsung melakukan tindakan tegas jika kerusuhan terus berlangsung hingga acara pemakaman mantan gubernur Papua tersebut selesai.