Logo Bloomberg Technoz

Menkominfo Ungkap Pentingnya Proyek BTS 4G Buat Indonesia

Muhammad Fikri
28 December 2023 22:00

Ilustrasi Menkominfo Budi Arie (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Menkominfo Budi Arie (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa proyek BTS 4G yang telah beroperasi secara penuh mendukung upaya pemerintah dalam transformasi digital.

Menurut Budi akselerasi transformasi digital akan terus berlanjut dimana kampanye ini telah berjalan sejak tahun 2020. Implementasi BTS 4G dan SATRIA-1 turut menjadi bagian dari rencana Tol Laut pemerintah Indonesia demi wujudkan visi Indonesia Emas Tahun 2045.

“Perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, tahun 2034 menjadi point of no return untuk Indonesia mencapai status high-income economy pada tahun 2038,” ucap Budi Arie dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/12/2023).

Ia mengatakan pemerintah Indonesia berkepentingan untuk mewujudkan perekonomian berkelanjutan. Caranya melalui ekonomi digital dimana pemerintah menargetkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tiga kali lipat dibanding capaian di tahun 2023.

Ia mengestimasi ekonomi digital Indonesia akan terus meningkat sampai US$210 miliar-US$360 miliar pada tahun 2030 dengan pertumbuhan di berbagai sektor, seperti perdagangan online  (e-commerce), transprotasi dan makanan, online travel, dan media online.