Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas Terjunkan Tim untuk Evaluasi Temuan Minyak di Bekasi

Sultan Ibnu Affan
28 December 2023 20:30

Sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN) -001 di WK PEP Tambun Field, di Kabupaten Bekasi, Kamis (21/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN) -001 di WK PEP Tambun Field, di Kabupaten Bekasi, Kamis (21/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah mengevaluasi temuan minyak di Kabupaten Bekasi oleh PT Pertamina EP (PEP) untuk ditindaklanjuti ke tahap pengembangan.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro mengatakan sumber minyak di Bekasi tersebut merupakan temuan baru yang tercatat pada akhir 2023.

Meski bukan temuan raksasa atau giant discovery, SKK Migas optimistis temuan minyak Bekasi tetap akan membantu pencapaian target produksi siap jual atau lifting nasional ke depannya; khususnya dalam mencapai target 1 juta barel per hari pada 2030.

“Saat ini tim SKK Migas sedang melakukan evaluasi lebih lanjut terkait dengan langkah selanjutnya untuk sumur ini, untuk dapat segera didorong ke tahap pengembangan atau komersial,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (28/12/2023).

Sebelumnya, Pertamina EP berhasil menemukan dua sumur eksplorasi migas baru di Provinsi Jawa Barat. Kedua sumur itu berada di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu East Akasia Cinta (EAC)-001 dan  Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Fild, Kabupaten Bekasi.