Logo Bloomberg Technoz

DPR Minta Smelter Morowali Dimoratorium, Begini Respons IMIP

Sultan Ibnu Affan
28 December 2023 19:30

Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Indonesia Morowali Industrial Parak (IMIP) merespons soal desakan Komisi VII DPR RI terkait dengan pembenahan mekanisme audit smelter yang ada di Indonesia, menyusul insiden maut di pabrik pengolahan PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) akhir pekan lalu.

Tidak hanya itu, parlemen pun mendesak seluruh operasional smelter milik perusahaan asal China di Indonesia dimoratorium atau distop sementara, untuk dilakukan audit mendalam.

"Kami tidak dalam kapasitas untuk menanggapi itu," ujar Head of Media Relation PT IMIP, Dedy Kurniawan saat dikonfirmasi, Kamis (28/12/2023).

Dedy juga mengatakan, jika kemungkinan pemerintah akan menutup total operasional PT ITSS, dia menggarisbawahi nasib ribuan pekerja yang di bekerja di pabrik pengolahan nikel itu.

"Jika ditutup yang anda maksud dihentikan secara permanen, lalu bagaimana dengan ribuan karyawan yang bekerja di situ?" tutur Dedy, sembari menegaskan saat ini operasional ITSS hanya ditutup sementara hingga proses investigasi yang dilakukan kepolisian daerah setempat rampung.

Smelter di Indonesia Morowali Industrial Park, dioperasikan oleh Nickel Mines Ltd., di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian