Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Serangan di Pemakaman Lukas Enembe versi Polda Papua

Pramesti Regita Cindy
28 December 2023 15:30

Lukas Enembe (Dok lukasenembe.com)
Lukas Enembe (Dok lukasenembe.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengatakan, prosesi pemakaman Lukas Enembe awalnya berlangsung aman sejak di Bandara Sentani hingga acara persemayaman di Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN) Sentani, Jayapura, Papua. Rombongan kerabat dan tamu pun mulai menjalani ibadah pelepasan di STAKIN sekitar pukul 09.00 WIT.

Di tengah ibadah, sejumlah kelompok massa mulai melakukan aksi dan menimbulkan kerusuhan di sisi jalan raya atau muka gedung STAKIN. Kelompok massa tersebut kemudian melakukan pelemparan batu ke arah lokasi ibadah pelepasan. Dalam peristiwa ini, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Mathius Fakhiri turut menjadi sasaran penyerangan.

"Melempari bangunan gedung sekitar, juga menyerang aparat keamanan dan pemerintah daerah," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Ignatius Benny Prabowo kepada Bloomberg Technoz, Kamis (28/12/2023).

Serangan batu tersebut, menurut dia, turut mengenai Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun. Kepolisian pun membawa Ridwan untuk mendapatkan perawatan intensif karena mengalami luka pada bagian kepala.

Benny mengklaim, kepolisian belum menemukan penyebab dan pemicu kerusuhan yang terjadi di depan STAKIN tersebut. Akan tetapi, dia memastikan kondisi sudah aman.