Logo Bloomberg Technoz

PT KAI Ingatkan Lagi Tugas Pemerintah soal Perlintasan Sebidang

Dovana Hasiana
28 December 2023 14:10

Penumpang kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Penumpang kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan pengamanan perlintasan sebidang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Dia mengingatkan undang-undang yang berlaku, yakni pemerintah harus bertanggung jawab mengamankan perlintasan sesuai dengan kelas jalan. 

“Jalan nasional (tanggung jawab) Kementerian PUPR, jalan Provinsi (jadi tanggung jawab) Pemerintah Provinsi, kalau Kabupaten/Kota (jadi tanggung jawab) Kabupaten/Kota,” ujar Didiek saat ditemui usai Peresmian Pemasangan Panel Surya di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2023). 

Selain itu, Didiek mengatakan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebelumnya telah menginstruksikan bupati, wali kota dan gubernur untuk mengalokasikan dana yang cukup untuk keselamatan perlintasan. 
 
Dikonfirmasi terpisah, VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan terdapat 3 aspek yang dapat dilakukan untuk mencegah kecelakaan di perlintasan sebidang.

Pertama, aspek budaya. Selama ini masyarakat dinilai menganggap remeh perlintasan sebidang dan seringkali menerobos walaupun sirine sudah berbunyi. Sehingga KAI terus mengupayakan agar masyarakat menaati perlintasan sebidang.