Logo Bloomberg Technoz

Diketahui bahwa setiap perangkat yang diperjualbelikan terutama elektronik, perlu melewati beberapa pemeriksaan fungsional terlebih dahulu, lalu dapat diperjual-belikan apabila lolos seleksi barang layak.

Kelemahan Perangkat iPad Refurbished

Perbedaan barang layak pasar dengan barang refurbished cukup signifikan, apalagi dalam ranah barang elektronik. Terdapat beberapa kelemahan dan juga resiko yang perlu diperhatikan:

  • Kualitas perangkat refurbished dapat berbeda-beda tiap tempat pembelian. Tidak semua penjual barang refurbished memperbaiki atau melakukan pengujian ulang pada iPad. Hal ini menyebabkan kualitas perangkat tersebut diragukan.
  • Baterai yang digunakan bukan baterai baru. Sebagian penjual barang refurbished mengaku melakukan perbaikan pada perangkat sebelum dijual. Namun, penggantian suku cadang menggunakan perangkat bekas, yang bahkan tidak bisa dipastikan kualitasnya.
  • Pembaruan yang kurang update. Beberapa perangkat refurbished biasanya masih menjalankan versi perangkat lunak tipe lama, yang dapat menjadi masalah pengguna karena tidak dapat mengakses atau menggunakan fitur-fitur pada versi terbaru.


Cara Cek iPad Refurbished

Dalam pembelian perangkat bekas, perlu dilakukan terlebih dahulu kondisi dan kecermatan tingkat tinggi. Berikut merupakan tips memeriksa kualitas iPad yang diduga bekas atau refurbished:

  • Buka menu pengaturan pada iPad atau iPhone
  • Pilih bagian About atau Tentang
  • Cek model nomor

Sebagai catatan, nomor model yang dimulai dari M merupakan ponsel atau perangkat langsung dibeli di Apple store. Nomor model yang dimulai dari F itu ponsel yang telah di-refurbhised oleh Apple langsung.

Dengan memeriksa nomor model Anda dapat mengetahui bagaimana riyawat ponsel yang ingin dibeli.

(wep)

No more pages