Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Apa Itu iPad Refurbished yang Diduga Dijual Baim Wong

Muhammad Fikri
28 December 2023 12:45

Baim Wong promo jual iPad murah.. (Dok: Tangkapan Layar/Tiktok Baim Wong)
Baim Wong promo jual iPad murah.. (Dok: Tangkapan Layar/Tiktok Baim Wong)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Baim Wong jadi ramai diperbicangkan usai mempromosikan iPad harga Rp1 juta. Beberapa netizen menganggap barang ini bukanlah baru, alias refurbished atau rekondisi.

Usai viral pada Selasa (26/12/2023) malam memutuskan untuk menunda penjualan iPad Rp1 juta secara live streming. Belum diketahui rencana selanjutnya yang akan dijalani Baim Wong. Hal yang Baim tegaskan bahwa iPad yang rencannya ia jual merupakan barang resmi.

Dalam perkembangannya  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berjanji akan melakukan penelusuran usai reaksi dari netizen atas konten promosi iPad Rp1 juta Baim Wong ini, seperti disampaikan  Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Nirwala Dwi Heryanto.

Sebelumnya muncul reaksi berupa pertanyaan kenapa Baim Wong bisa menjual iPad dengan harga Rp1 juta. Refurbished kemudian menjadi banyak diperbincangkan.

Apa itu Refurbished?

Refurbished merupakan barang dengan kondisi rekondisi atau cacat produksi atau rijek dan tidak layak untuk diperjual-belikan. Lazimnya  barang dengan cacat produksi akan ditarik kembali oleh perusahaan agar tidak menjadi nilai buruk merek di mata pelanggan.