Logo Bloomberg Technoz

KPU Rilis Dana Awal Kampanye, Prabowo-Gibran Paling Gemuk

Pramesti Regita Cindy
28 December 2023 10:10

Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis laporan awal dana kampanye setiap tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Dimana data tersebut bisa diketahui atau diakses melalui https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/sikadeka/rincian_dana_kampanye_pwp

Dalam rincian dana kampanye yang dikutip pada Kamis (28/12/2023) dan telah diterbitkan oleh KPU ini, terlihat bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi tim yang paling banyak menerima dana awal kampanye. 

Dimana diketahui bersama, bahwa koalisi yang menaungi paslon nomor urut 2 ini yakni Koalisi Indonesia Maju merupakan koalisi gemuk, karena diisi oleh sejumlah partai politik yang berada di Pemerintahan seperti; PAN, Golkar, Gerindra, hingga Demokrat. 

Total dana kampanye awal yang telah dikumpulkan mencapai Rp31,4 miliar. Dana tersebut berasal dari sumbangan pasangan calon sebesar Rp2 miliar dan patungan partai-partai politik pendukung sebesar Rp29,4 miliar.

Selanjutnya ada paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo beserta Mahfud MD, bertengger diposisi kedua dalam tim yang paling banyak menerima dana awal kampanye. Pasangan yang diusung oleh koalisi PDIP, PPP, Perindo, serta Hanura ini, memperoleh dana Rp23,3 miliar.