Logo Bloomberg Technoz

iPad baru di Indonesia paling murah dijual dengan harga Rp5,59 juta, untuk generasi 9 WiFi dengan kapasitas 64GB. Sedangkan perilisan di negara asalnya, iPad sudah mencapai seri 10 untuk segmen konsumen low-end, dan iPad Pro generasi 5 dan 6 dengan cip terbaru M2 seharga mulai Rp14,7 juta hingga Rp20,79 juta.

Komentar dan pernyataan bahwa iPad yang dijual Baim Wong adalah refurbished terus ramai jadi tema di media sosial.

“iPad refurbished nya bosque?” tulis akun @arsipaja.

iPad refurbished atau jenis perangkat lain dari brand non-Apple pun merupakan barang yang sejatinya bekas namun melalui tahap rekondisi. Artinya barang tersebut dikembalikan ke pabrik untuk diganti suku cadang yang mengalami kerusakan. Setelah dianggap normal, dikemas kembali dan dijual dengan harga sangat murah.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo turut merespon ramainya tema Baim Woang yang menjual iPad seharga Rp1 juta. Pihaknya telah meneruskan informasi ini kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. “Semoga segera dikoordinasikan dan tertangani dengan baik,” jelas Yustinus saat membalas postingan salah satu netizen, Selasa (26/12/2023).

Baim Wong kemudian memastikan bahwa iPad yang dijual berstatus resmi, bukan barang ilegal. Dengan banyak kesimpangsiuran tuduhan yang dialamatkan, Baim Wong memutuskan untuk menunda penjualan iPad Rp1 juta secara live streming. Belum diketahui rencana selanjutnya yang akan dijalani Baim Wong.

“Saya mau bilang ini [iPad] semua fakturnya ada. Ini resmi,”  dalam postingan Baim Selasa (26/12/2023) malam. “Kalau memang semua itu seperti merugikan kalian atau lainnya, kami tidak menjual juga tidak masalah, karena berniat membantu awalnya.”

(lav)

No more pages