Logo Bloomberg Technoz

Kontroversi KPU dari Napi Nyaleg Hingga Surat Suara Bocor

Pramesti Regita Cindy
28 December 2023 07:55

Para komisioner KPU di gedung KPU RI, Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Para komisioner KPU di gedung KPU RI, Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini tengah menjadi sorotan lantaran viral video beredar seorang Tenaga Kerja asal Indonesia (TKI) di Taipe, Taiwan membuka surat suara pemilu 2024. 

KPU bahkan membenarkan bahwa ribuan warga negara Indonesia (WNI) atau pemilih di Taipei, Taiwan telah menerima surat suara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2024. KPU menyatakan, hal ini terjadi karena panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Taipe melanggar aturan distribusi surat suara yang tercantum pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 25 tahun 2023.

Padahal, PPLN seharusnya baru mengirimkan surat suara kepada pemilih di luar negeri pada 2-11 Januari 2024. “Apa yang dilakukan PPLN Taipe tak sesuai jadwal,” kata Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, Selasa (26/12/2023). “Ada ketidakcermatan.”

Bukan kali ini saja KPU disorot publik lantaran kerap kali tersandung masalah yang bersifat kontroversi, hingga menimbulkan pro dan kontra. Lembaga penyelenggara Pemilu ini kerap menuai polemik, mulai dari penetapan calon, pelaksanaan debat, hingga persiapan pemungutan suara.

Berikut beberapa kontroversi KPU;

Ketua KPU Hasyim Asya'ri (tengah) di gedung KPU RI (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Mantan Narapidana Diperbolehkan Nyalon di Pemilu