Logo Bloomberg Technoz

OJK: Merger Bank MNC dan Nobu Rampung Agustus

Tara Marchelin
04 March 2023 14:59

Gedung MNC. (Dok. MNC Group)
Gedung MNC. (Dok. MNC Group)

Bloomberg Technoz, Jakarta — PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) masih membentuk tim project management officer (PMO) untuk mengeksekusi rencana merger kedua entitas.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae memperkirakan proses merger akan selesai pada Agustus 2023. 

“Untuk informasi saat ini, kedua bank sudah menunjuk konsultan keuangan dan konsultan hukum, dan sedang dalam proses penyusunan PMO atau tim merger. Kalau komitmennya legal merger diperkirakan pada Agustus 2023,” ujar Dian pada Bloomberg Technoz, Sabtu (4/3/2023). 

Terkait dengan skema merger yang akan digunakan dua bank, Dian mengatakan OJK menyerahkan hal tersebut pada pada Bank Nobu dan Bank MNC. Lebih lanjut, Dian meyakini merger kedua bank akan sukses dan berkontribusi pada perekonomian nasional.  

“Ini akan jadi contoh merger yang sukses sehingga bank akan bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional secara lebih baik lagi. Konsolidasi bank adalah salah satu program prioritas untuk jangka lima tahun kedepan. Ini akan dilakukan untuk bank umum, BPR, BPD, dan bank syariah,” jelas Dian.