Logo Bloomberg Technoz

Anies Optimistis Cak Imin Pegang Jatim walau Khofifah ke Prabowo

Pramesti Regita Cindy
27 December 2023 20:25

Pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar saat debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar saat debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan optimistis bahwa dirinya dan pasangan calonnya yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan mampu meraih suara pemilih khususnya di Jawa Timur (Jatim). Walaupun kata dia, berembus kabar Khofifah Indar Parawansa kepada pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. 

"Insya Allah Jawa Timur dengan jejaring yang dimiliki PKB, NasDem khususnya, itu akan bisa menjangkau lebih banyak dan kami makin optimistis," ujar Anies Baswedan ketika ditemui selepas agenda deklarasi dukungan dari Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023). 

Meski demikian, Anies enggan menyampaikan lebih lanjut mengenai strategi yang akan diusung untuk memenangkan wilayah yang kerap jadi perebutan basis suara pemiilih tersebut. 

"Masak strategi diumumin," jelasnya. 

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Chico Hakim menyebut pihaknya tidak khawatir mengenai arah dukungan dari Gubernur Jatim tersebut. Dirinya justru menyebut bahwa Mahfud MD memiliki kekuatan tersendiri dalam menghimpun suara di daerah tersebut, karena latar belakang kedaerahan yang dimilikinya.