Logo Bloomberg Technoz

"Karena Gus Muhaimin ini adalah ketua, ketua dari PKB saya yakin sekali Gus Muhaimin paham sekali untuk masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE, SGIE terima kasih," kata Gibran di debat cawapres di JCC, Jakarta pada Jumat malam (22/12/2023).

Muhaimin lalu bertanya balik.

"Terus terang SGIE saya enggak paham SGIE itu apa? Tidak apa-apa karena saya tidak pernah mendengar istilah SGIE itu," kata Cak Imin dalam kesempatan tersebut.

SGIE kemudian menjadi viral di media sosial. Namun pihak rival menilai Gibran memberikan pertanyaan dengan cara menjebak dan tidak substantif.

August Mellaz sendiri mengatakan, KPU berharap soal pertanyaan jika singkatan "aneh-aneh" itu harus disosialisasikan kepada paslon masing-masing agar pertanyaannya lebih komprehensif.

"Ini posisinya antara moderator ke pihak yang bertanya. Sampai (singkatan) clear, baru dimulai lagi (tanya-jawab)," ujar Mellaz lagi.


Namun kata dia penjelasan soal singkatan tak boleh melebihi waktu. Adapun format debat tak banyak berubah.

"Yang jelas diupayakan pertanyaan seperti itu (singkatan) tak muncul teman-teman bisa lihat di debat pertama atau kedua ada juga istilah yang singkatan tapi saat pertanyaan oleh panelis itu dipanjangkan," imbuh dia.

(ezr)

No more pages