Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya pada November, Presiden Joko Widodo juga bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington untuk membahas bantuan teknis agar produk nikel Indonesia layak mendapat fasilitas fiskal dalam payung Inflation Reduction Act (IRA).

“Namun, situasi yang memburuk di pabrik nikel bisa mengancam kesepakatan ekspor olahan nikel Indonesia tidak saja ke AS, tetapi juga ke Eropa,” ujarnya.

Infografis Insiden Smelter China Berulang (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)


Insiden ledakan tungku smelter nikel ITSS di IMIP hingga saat ini masih diselidiki pihak kepolisian. Namun, sudah lewat 48 jam sejak kejadian, polisi tak kunjung menerapkan tersangka.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 5:30 WIB, Minggu (24/12/2023) di sebuah tungku yang sedang dalam masa pemeliharaan, menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada hari yang sama oleh manajemen taman nasional. Residu bocor keluar dari tungku dan bersentuhan dengan benda-benda yang mudah terbakar, menyebabkan kebakaran.

Sampai dengan berita ini diturunkan, korban meninggal dunia akibat meledaknya tungku smelter ITSS dilaporkan berjumlah 18 orang.

“Hingga hari ini tercatat korban yang meninggal dunia berjumlah 18 orang, di antaranya 10 orang tenaga kerja Indonesia dan 8 tenaga kerja asing asal China,” kata Head of Media Relation PT IMIP Dedy Kurniawan ketika dimintai konfirmasi, Rabu (27/12/2023) pagi.

PT ITSS memastikan jumlah besaran santunan untuk para pegawai korban ledakan smelter di IMIP. Dalam keterangan perusahaan, PT IMIP akan memberikan santunan Rp600 juta untuk masing-masing ahli waris korban meninggal dunia. 

"Santunan secara simbolis akan diserahkan PT IMIP kepada perwakilan ahli waris dari pihak keluarga korban, sedangkan bagi korban non-fatality, santunan yang diberikan sesuai dengan kasusnya masing-masing," tulis pernyataan resmi perusahaan, Selasa (26/12/2023).

(wdh)

No more pages