Logo Bloomberg Technoz

CEO Coinbase Global Inc Brian Armstrong dan saudara kembar Cameron dan Tyler Winklevoss juga mengalami peningkatan kekayaan miliaran dolar. 

“Investasi dalam kripto bukan untuk orang yang lemah perasaan; Anda harus siap menghadapi naik turunnya harga secara drastis,” kata Campbell Harvey, profesor keuangan di Duke University yang mempelajari pasar aset digital.

“Ada alasan mengapa para investor ini menjadi miliarder, dan ini bukan keberuntungan. Mereka tidak tergoda untuk melepas kepemilikan mereka di pasar yang sedang turun. Mereka percaya pada peluang jangka panjang yang ditawarkan ruang ini.”

Changpeng Zhao founder Binance Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)

Kenaikan tren kekayaan Zhao lebih dari lima kali lipat dari denda US$4,3 miliar yang harus dibayarkan Binance kepada pihak berwenang AS. Kekayaannya, yang saat ini diperkirakan mencapai lebih dari $37 miliar, diperoleh dari sahamnya di Binance, bursa kripto terbesar di dunia, yang ia dirikan.

Walau Binance telah kehilangan beberapa pangsa pasar tahun ini, bursa exchanger koin digital ini telah diuntungkan oleh peningkatan volume perdagangan yang menyertai rebound di pasar kripto.

Zhao, yang tidak menanggapi permintaan komentar atas artikel ini, juga memiliki beberapa Bitcoin dan koin Binance BNB, meskipun kepemilikannya tidak termasuk dalam Indeks Miliarder.

Pada bulan November, dia dan Binance mengaku bersalah atas pelanggaran anti pencucian uang dan sanksi AS di bawah penyelesaian menyeluruh dengan AS yang memungkinkan pertukaran crypto untuk terus beroperasi. Zhao dengan segala putusan bulan lalu masih memungkinkannya mempertahankan saham kepemilikannya di bursa. 

Zhao menghadapi hukuman 10 tahun penjara, namun diperkirakan akan mendapatkan tidak lebih dari 18 bulan di bawah kesepakatan pembelaan yang tampak  telah menyelamatkannya dari hukuman berat yang dihadapi penjahat kripto terkemuka lainnya. 

Departemen Kehakiman belum mengungkapkan berapa lama masa hukuman yang akan diberikan. Pada akhir November, seorang hakim federal di Seattle memutuskan bahwa Zhao tidak dapat kembali ke Uni Emirat Arab (UEA) saat ini. Hukuman Zhao dijadwalkan pada 23 Februari.

Kekayaan Zhao masih jauh dari puncaknya yang pernah mencapai nyaris US$97 miliar pada awal tahun 2022, kemudian turun dari level tertinggi tahun ini US$50,4 miliar pada bulan Juli, menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Zhao bukan satu-satunya miliarder yang diuntungkan dari rebound kripto pada tahun 2023, yang sebagian didorong oleh penyelesaian Binance yang menghilangkan overhang dari pasar, serta optimisme bahwa AS akhirnya akan menyetujui ETF Spot Bitcoin yang berdampak koin digital paling populer di dunia itu bisa masuk dalam bursa tradisional. 

Para pemenang kripto tahun 2023:

  • Coinbase Global Inc. Nilai kekayaan sang CEO Brian Armstrong telah meningkat sebesar US$5,8 miliar sepanjang tahun ini menjadi US$7,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Saham Coinbase telah naik hampir 400%  dan Armstrong diperkirakan memiliki sekitar 16% saham di perusahaan tersebut. Armstrong tidak memberi komentar atas perhitungan ini.
    Brian Armstrong, CEO Coinbase. (Dok: Bloomberg)
  • Perkiraan kekayaan pendiri Coinbase lain, Fred Ehrsam, juga melesatUS$1,8 miliar pada tahun 2023 menjadi sekitar US$2,5 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Ia diperkirakan memiliki sekitar 5% dari Coinbase. SEC menggugat Coinbase pada bulan Juni karena beroperasi sebagai bursa sekuritas, pialang, dan lembaga kliring yang tidak terdaftar. Coinbase masih melawan kasus ini di pengadilan. Ehrsam tidak menanggapi permintaan komentar.
  • Tyler dan Cameron Winklevoss, yang turut mendirikan bursa kripto Gemini Trust dan telah menimbun jutaan Bitcoin, masing-masing telah mengalami kenaikan kekayaan sebesar US$1,4 miliar tahun ini menjadi $ 2,7 miliar, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Gemini telah terkunci dalam pertempuran selama berbulan-bulan dengan pemberi pinjaman kripto, Genesis, dan perusahaan induknya, Digital Currency Group (DCG), terkait program pinjaman kripto bersama. SEC menuduh bahwa apa yang disebut program Earn menjadi penawaran dan penjualan sekuritas yang ilegal. Tyler Winklevoss menggambarkan gugatan tersebut sebagai “hal yang dibuat-buat”. Jaksa Agung New York menuntut Gemini dan DCG karena diduga menipu nasabah sebesar US$1,1 miliar. DCG mengatakan akan melawan tuduhan negara bagian, sementara Gemini mengatakan tidak setuju dengan keputusan Jaksa Agung untuk menggugat bursa tersebut. Kedua saudara kembar ini tidak menanggapi permintaan komentar.
    Tyler dan Cameron Winklevoss pendiri bursa kripto Gemini. (Dok: Bloomberg)
  • Kekayaan pendiri DCG, Barry Silbert, bertambah US$1,5 miliar tahun ini menjadi sekitar US$2 miliar. DCG telah menjual atau menutup bisnis pada tahun lalu setelah anak perusahaannya, Genesis, mengajukan kebangkrutan pada bulan Januari. Silbert menolak berkomentar untuk cerita ini.
  • Sam Bankman-Fried yang dipenjara, seorang mantan CEO bursa kripto FTX yang telah dihukum karena melakukan penipuan besar-besaran, memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan stabil di $0, setelah mencapai puncaknya di US$25,9 miliar pada Maret tahun lalu, menurut Bloomberg Billionaires Index.

(bbn)

No more pages