Logo Bloomberg Technoz

Houthi Terus Serang Kapal di Laut Merah di Tengah Penjagaan AS

News
27 December 2023 06:40

Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg
Tanker minyak melewati jalur perdagangan Laut Merah./dok. Bloomberg

Lucia Kassai - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok pemberontak Houthi menyerang sebuah kapal kontainer yang sedang melintasi Laut Merah, di tengah meningkatnya konflik di wilayah tersebut. Hal ini memaksa beberapa kapal menghindari area itu.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh MSC Mediterranean Shipping Company, MSC United VIII diserang pada Selasa saat dalam perjalanan ke Pakistan dari Arab Saudi. Seluruh kru dalam keadaan aman dan tidak ada laporan cedera.

Perusahaan ini sedang melakukan peninjauan terkait kerusakan, dan akan menghindari penggunaan Terusan Suez. Mereka akan mengalihkan kapal untuk berlayar pada rute yang lebih panjang melalui Tanjung Harapan (Cape of Good Hope).

Serangan Houthi terhadap kapal-kapal dagang telah menyebabkan banyak kapal menghindari Laut Merah selatan, yang digunakan untuk mengangkut berbagai barang mulai dari manufaktur hingga biji-bijian, minyak, dan gas. Pemerintah AS telah berupaya menghentikan serangan-serangan tersebut, sementara pasukan Houthi Yaman bersumpak untuk terus melanjutkan aksi mereka.

Titik serangan Houthi di Laut Merah. (Sumber: Bloomberg)