Logo Bloomberg Technoz

China Selidiki Praktek Surrogate Mother Ilegal Berbiaya Rp1,18 M

News
26 December 2023 21:20

Ilustrasi Ibu Hamil (Photo by Helena Lopes via pexels)
Ilustrasi Ibu Hamil (Photo by Helena Lopes via pexels)

Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas kesehatan salah satu provinsi pesisir China, Xiamen berencana menyelidiki sebuah klinik reproduksi setelah media lokal mengekspos layanan ibu pengganti rahasia atau surrogate mother yang telah melahirkan lebih dari 300 bayi per tahun.

Wartawan The Paper melakukan investigasi dengan mengunjungi klinik-klinik di Hangzhou dan Xiamen yang dikendalikan oleh Longduhua Medical Group (Hong Kong) Ltd. Klinik ini menyediakan layanan ibu pengganti, sebuah praktik yang masih ilegal menurut hukum Tiongkok.

The Paper menghubungi cabang lokal dari regulator kesehatan tertinggi di Tiongkok - Komisi Kesehatan Nasional - sebelum menayangkan video dan cerita tersebut pada Senin lalu. Otoritas kesehatan di Hangzhou dan Xiamen berjanji untuk melakukan penyelidikan.

Meskipun Beijing telah berulang kali melakukan tindakan keras dan larangan langsung, layanan ibu pengganti bawah tanah terus berkembang di Tiongkok, didorong oleh pasangan yang ingin menghindari kebijakan satu anak yang telah berlaku selama beberapa dekade (tetapi sekarang sudah tidak berlaku lagi) atau mereka yang tidak dapat hamil atau mengandung janin sendiri.