Logo Bloomberg Technoz

Daftar Santunan Korban Smelter Morowali: Total Lebih Rp800 Juta

Angga Indrawan
26 December 2023 18:00

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT ITSS (Indonesia Tsingshan Stainless Steel) memastikan jumlah besaran santunan untuk para pegawai korban ledakan smelter di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). 18 pegawai meninggal dunia, 10 di antaranya merupakan pekerja Indonesia.

Dalam keterangan perusahaan, PT IMIP akan memberikan santunan Rp600 juta untuk masing-masing ahli waris korban meninggal dunia. 

"Santunan secara simbolis akan diserahkan PT IMIP kepada perwakilan ahli waris dari pihak keluarga korban. Sedangkan bagi korban non-fatality, santunan yang diberikan sesuai dengan kasusnya masing-masing," tulis pernyataan resmi perusahaan, Selasa (26/12/2023).

PT IMIP juga telah menyalurkan santunan awal sebesar Rp25 juta per orang bagi setiap korban meninggal dunia. Termasuk biaya pengantaran jenazah hingga tiba di rumah keluarga masing-masing. 

PT IMIP juga telah berkoordinasi dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan, untuk pemberian santunan lainnya. Dari santunan BPJS Ketenagakerjaan, para korban meninggal ini akan mendapatkan santunan sebanyak 48 kali dari upah pokok terendah. Upah pokok terendah di Kawasan IMIP Rp3.675.000 atau setara Rp174.400.000.