Logo Bloomberg Technoz

Soal HAM, China Jatuhkan Sanksi ke Perusahaan dan 2 Peneliti AS

News
26 December 2023 18:15

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengatakan pihaknya menjatuhkan sanksi terhadap sebuah perusahaan Amerika Serikat (AS) dan dua peneliti hak asasi manusia (HAM) atas pekerjaan yang berkaitan dengan Xinjiang. Kondisi ini meningkatkan perselisihan antara kedua negara terkait tuduhan kerja paksa.

China membekukan semua aset yang dimiliki oleh Kharon di negara tersebut, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning dalam sebuah konferensi pers di Beijing pada Selasa, mengacu pada sebuah perusahaan yang berbasis di Los Angeles yang mengidentifikasi sanksi dan risiko kepatuhan untuk organisasi.

Edmund Xu, direktur investigasi di Kharon, dan Nicole Morgret juga dilarang masuk ke China dan aset-asetnya di sana dibekukan. Halaman LinkedIn Morgret menggambarkan dirinya sebagai analis di Center for Advanced Defense Studies.

Perusahaan-perusahaan China juga dilarang bekerja sama dengan Kharon, Xu, atau Morgret. Langkah ini sebagian besar bersifat simbolis karena mereka tidak mungkin memiliki banyak bisnis atau properti di China.