Logo Bloomberg Technoz

"Memang patut disyukuri bahwa liburan periode Nataru kali ini tidak banyak hal yang terjadi berkaitan dengan kebencanaan, meskipun ada beberapa tapi tidak siginifikan seperti angin kencang dan hujan dengan intensitas ringan. Jadi bisa dibilang aman-aman saja," ujar Bergas dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Bergas juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Di tengah kondisi cuaca yang dinamis, sebaiknya apabila tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya hindari tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian apabila cuaca memburuk.

BPBD Provinsi Jateng membuka sejumlah posko di Kantor BPBD Jateng, posko BPBD Kab. Brebes di Rest Area Heritage KM 260, posko BPBD Kab. Batang di Rest Area 379 Batang, dan posko BPBD Kab. Kudus di Terminal Induk Jati. Selain itu, posko BPBD Kab. Rembang di Alun-Alun Rembang, posko BPBD Kab. Banyumas yang terletak di Menara Pandang Teratai, dan posko Kab. Semarang di Rest Area Heritage KM 260.

Kemudian, posko BPBD Kota Salatiga di Rest Area KM 456 Salatiga, posko BPBD Kab. Cilacap di Pos 1 Objek Wisata Teluk Penyu, serta posko BPBD Kab. Klaten yang tersebar di lima titik posko yakni Pos Utama Kantor BPBD, Pos 1 di depan Alun-Alun Klaten, Pos 2 di depan Candi Prambanan, pos 3 di Pintu Exit Tol Kuncen/Kepoh, dan Perempatan Jatinom.

Masyarakat yang melintasi posko tersebut dapat beristirahat dan menggunakan layanan yang telah disediakan oleh petugas. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pemeriksaan medis, dan monitoring kondisi lalu lintas.

Sebelumnya diinformasikan, memasuki periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, BNPB bersama BPBD mengaktivasi posko terpadu libur Nataru di wilayah Pulau Jawa, Bali, dan Lampung sejak 22 Desember hingga 31 Desember 2023. Lembaga melakukan pemantauan potensi bencana, khususnya dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi basah di pusat keramaian meliputi objek wisata sungai, objek wisata pantai, dan objek wisata pengunungan.

Pemilihan lokasi Jawa, Bali, dan Lampung tersebut dipilih karena wilayah tersebut dinilai banyak digunakan sebagai jalur mudik maupun wisata yang memiliki tingkat kerawanan bencana. 

(lav)

No more pages