Logo Bloomberg Technoz

5 Minuman Penurun Gula Darah Usai Banyak Ngemil Selama Liburan

Dinda Decembria
25 December 2023 21:30

Seorang wanita melihat-lihat coklat di toko coklat Hotel Chocolat di London (Bloomberg)
Seorang wanita melihat-lihat coklat di toko coklat Hotel Chocolat di London (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat Liburan biasanya kita sering menemukan makanan-makanan camilan manis seperti kue kering, cokelat. Di sinilah minuman penurun gula darah mengambil peran.

Terlebih, karena waktu santai liburan sering membuat kita kalap menyantap camilan tersebut, sehingga minuman penurun gula darah bisa membantu. 

Makanan manis pun indentik dengan mudah meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika segera tak segera diatasi bisa menimbulkan gangguan kesehatan. 
Berikut beberapa minuman penurun gula darah yang direkomendasikan untuk mengatasi penurunan kadar gula dalam darah. 
1. Air Putih
Menurut studi yang dipublikasikan di Diabetes & Metabolic Syndrome : Clinical Research & Reviews orang yang mengonsumsi air putih memiliki risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Air putih bisa meningkatkan volume darah dan mendorong produksi asam amino yang membantu mengendalikan gula darah.
2. Kopi
Kopi merupakan minuman penurunan gula darah, selama di dalam larutan kopi tidak ditambahkan gula atau zat lainnya. Dalam jurnal Nutrients mengungkapkan zat phytochemical yang ada dalam kopi dapat menunjang kesehatan pankreas, organ yang memproduksi hormon insulin. 
3. Teh Hijau
Teh hijau punya segudang manfaat kesehatan. Sebagai salah satu minuman penurun gula darah. Teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat di dalam sistem pencernaan, metabolisme lancar dan mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas. Hal ini yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 
4. Tomat
Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi jus tomat 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan kadar gula. Sebab jus tomat mengandung serat yang dapat mengikat karbohidrat di sistem pencernaan sehingga memperlambat proses penyerapan gula oleh tubuh. 
5. Susu Sapi
Meski direkomendasikan dalam Studi 2018 sebagai minuman penurun gula darah bahwa kandungan protein dalam susu sapi seperti whey dan kasein bisa memperlambat proses penyerapan karbohidrat, dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. 
Tetap diwaspadai jangan sembarang dalam memilih susu sapi. Perhatikan jumlah karbohidrat yang tertera dalam kemasan susu.