Logo Bloomberg Technoz

ESDM Pastikan Stok LPG Cukup Selama Libur Nataru

Sultan Ibnu Affan
25 December 2023 17:30

Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey
Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan stok liquified petroleum gas (LPG) tersedia selama libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), yang diprediksi melonjak.

Untuk menjamin hal itu, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM bersama PT Pertamina (Persero) juga telah menyiagakan 23 Terminal LPG, 667 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bahan Bakar Elpiji (SPPBE), dan 4.972 Agen LPG di seluruh Indonesia.

"Agen dan Pangkalan LPG Siaga 24 jam disiapkan khusus di wilayah dengan demand tinggi dan ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG ke Agen dan Pangkalan," ujar Dirjen Migas Tutuka Ariadji dalam siaran resmi, dikutip Senin (25/12/2023).

Tutuka mengatakan, seluruh SPPBE tersebut juga telah memperhitungkan perjalanan pengiriman LPG dari Terminal LPG ke SPPBE, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah arus kendaraan ataupun kondisi cuaca.

"Ditjen Migas bersama PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga melakukan pengawasan lapangan dalam rangka memantau ketersediaan LPG, baik secara langsung maupun melalui Posko Nataru," ujar dia.