Logo Bloomberg Technoz

Tips Keuangan Aman di Tengah Libur Natal dan Tahun Baru

Redaksi
25 December 2023 16:30

Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)
Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Libur akhir tahun sudah di depan mata, Anda tentu sudah menentukan destinasi liburan. Agar liburan Anda nyaman dan isi kantong pun aman, ikuti tips terkait keuangan yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berikut ini.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SK)B 3 Menteri Nomor 624 Tahun 2023, hari libur nasional Natal 2023 ditetapkan pada 25 Desember 2023. Ketiga menteri, yakni Menteri agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, juga menetapkan cuti bersama Natal 2023 pada 26 Desember 2023.

Dengan adanya keputusan tersebut, masyarakat memiliki kesempatan untuk berlibur dengan masa yang panjang. Tak sedikit yang memilih untuk pergi ke tempat wisata yang jauh dari tempat tinggal dan menghabiskan dana cukup besar. Untuk itu, tak ada salahnya menyimak tips keuangan dari OJK agar Anda bisa berlibur dengan nyaman tanpa mengganggu keuangan.

Berikut tips keuangan aman sekaligus liburan nyaman: 

  • Susun rencana liburan sesuai kemampuan anggaran

Buat pos anggaran dan rencana pengeluaran, seperti penginapan, transportasi, tiket wisata, makanan, maupun belanja oleh-oleh. Sesuaikan anggaran dengan kemampuan finansial, jangan memaksakan diri apalagi sampai berutang.

  • Bandingkan penawaran transportasi dan akomodasi

Bandingkan berbagai penawaran harga dan promo agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik dan meringankan keuangan Anda. 

  • Disiplin anggaran, hindari FOMO 

Dewasa ini, tak sedikit masyarakat yang mengalami gejala fear of missing out (FOMO). Istilah ini dapat diartikan sebagai fenomena takut kehilangan momentum. Maka itu, pelancong disarankan belanja sesuai rencana yang telah ditentukan, tahan diri dari godaan membeli barang yang bukan kebutuhan Anda

  • Jaga keamanan data pribadi