Logo Bloomberg Technoz

Geert Wilders Provokasi Erdogan dan Turki, Serukan Sekularisme

News
25 December 2023 15:45

Geert Wilders menang pemilu Belanda. (Sumber: Bloomberg)
Geert Wilders menang pemilu Belanda. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News, Cagan Koc

Bakal calon PM Belanda yang juga politikus sayap kanan, Geert Wilders mengimbau warga Turki memilih pemimpin baru yang mendukung sekularisme, sebagai bentuk teguran terselubung terhadap Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Saya memenangkan pemilihan di Belanda. Dan saya berharap warga Turki yang mendukung sekularisme dan Kemalisme akan memilih pemimpin baru yang dapat memenangkan pemilihan berikutnya," ujar Wilders, yang meraih kemenangan mengejutkan pada Minggu (22/11/2023), dalam unggahan di platform media sosial X nya. 

Wilders, yang telah lama dikenal karena sikapnya yang mendukung pembatasan imigrasi Muslim ke Belanda dan kritiknya terhadap Erdogan, menginginkan pemimpin Turki yang "menghentikan masuknya lebih banyak orang Arab di Turki, melindungi perempuan Turki, mendukung kelas pekerja, dan menghentikan korupsi."

Erdogan berhasil mengalahkan partai pro-sekuler Turki pada awal tahun ini, menjadikan pemeritahannya yang telah berlangsung selama 20 tahun memasuki dekade ketiga. Pemilihan presiden berikutnya di Turki dijadwalkan pada tahun 2028. Sementara itu, Partai Rakyat Republik Turki-partai oposisi utama, telah memilih pemimpin baru menjelang pemilihan lokal pada Maret.