Logo Bloomberg Technoz

Iran Pamer Senjata Baru dari Drone hingga Rudal

News
25 December 2023 13:00

Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg
Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg

Arsalan Shahla - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Iran mengungkapkan berbagai peralatan baru dalam sebuah laporan televisi pemerintah pada Minggu (24/12/2023). Alat-alat tersebut ialah rudal jelajah baru dengan jangkauan hingga 1.000 kilometer, pesawat tak berawak dengan kemampuan "peperangan elektronik dan intelijen", serta helikopter untuk pengintaian dan penyerangan.

Ketika perang di Gaza terus berlanjut, Iran--sekutu Hamas dan musuh Israel--ingin menunjukkan kekuatan dan kompetensi militernya. Negara ini juga menghadapi konflik baru dengan Barat, yang menuduhnya berpartisipasi atau mendukung serangan terhadap kapal-kapal komersial di perairan internasional.

Pentagon mengatakan sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan dari Iran menghantam sebuah kapal tanker kimia yang sedang melakukan perjalanan di Samudera Hindia pada Sabtu, sehari setelah Gedung Putih mengatakan bahwa Iran "sangat terlibat" dalam perencanaan serangan-serangan yang dilakukan oleh para militan Houthi di Yaman terhadap kapal-kapal dagang di Laut Merah.

Republik Islam itu secara konsisten membantah semua tuduhan keterlibatannya dalam serangan-serangan terhadap kapal-kapal pengangkut barang, yang telah meningkat sejak konflik di Gaza dimulai pada 7 Oktober.