Logo Bloomberg Technoz

Insiden Smelter China Berulang, Ini Daftar Insiden Sejak 2018

Redaksi
25 December 2023 09:30

Kegiatan operasional tambang nikel di Morowali, Sulawesi (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kegiatan operasional tambang nikel di Morowali, Sulawesi (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Insiden ledakan tungku smelter PT Indonesia Tshinshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah, yang menelan puluhan korban luka dan belasan pekerja tewas, pada Minggu (24/12/2023), bukanlah yang pertama kali terjadi.

Kejadian kecelakaan kerja di smelter-smelter milik China sudah berkali-kali terjadi di tengah sorotan atas minimnya perhatian pada aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan tata kelola yang buruk.

Marak investasi China di Indonesia yang berada dalam payung Belt and Road Initiative (BRI) yang digadang oleh Tiongkok, bukan hanya menimbulkan kritik terkait risiko jebakan utang, tapi juga kualitas tata kelola investasi yang buruk dengan serentetan isu lingkungan hidup dan keselamatan kerja.

Dalam Policy Paper yang dirilis oleh Centre of Law and Economic Studies (CELIOS) beberapa waktu lalu, menyoroti buruknya tata kelola di seputar proyek-proyek yang melibatkan China sebagai investor. 

"Banyak perusahaan yang belum ketat dalam memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Masih banyak ditemukan insiden, kecelakaan, serta sejumlah konflik yang terjadi antar pekerja," kata Direktur Kajian Indonesia-China CELIOS M. Zulfikar Rakhmat dan Yeta Purnama dalam kajian yang dilansir beberapa waktu lalu, dikutip Senin (25/12/2023).