Logo Bloomberg Technoz

'Crazy Rich' Jim Ratcliffe Resmi Beli Manchester United Rp20,2 T

News
25 December 2023 07:47

Manchester United (Bloomberg)
Manchester United (Bloomberg)

Giles Turner and David Hellier - Bloomberg News - 

Bloomberg,  Jim Racliffe akhirnya menyelesaikan pembelian saham klub sepak bola Manchester United setelah mengalahkan tawaran investor dari negara-negara Timur Tengah kaya minyak dan pengelola aset dari berbagai negara. 

Melalui konglomerat kimia Ineos Group miliknya, Ratcliffe membeli 25% saham Manchester United dengan harga US$33 per lembar (sekitar Rp511.137)  untuk 25% saham di klub tersebut, sehingga valuasi klub itu mencapai US$5,4 miliar (sekitar Rp83,64 triliun). Valuasi ini jauh dari penilaian awal sebesar US$6 miliar. 

Keputusan menerima tawaran Ratcliffe, yang merupakan salah satu orang terkaya di Inggris ini, mengakhiri proses penjualan yang dibuka oleh keluarga Glazer sekitar satu tahun lalu itu. 

Proses penjualan ini menjadi sensasi besar yang lebih mendekati spekulasi di akhir jendela jual beli pemain Liga Inggris atau pemilihan pemain sepak bola Amerika bukannya penjualan saham satu perusahaan terbuka bernilai miliaran dolar. 

Jim Ratcliffe, milarder Inggris ikut berburu membeli Manchaster United (Bloomberg)

Keputusan menerima tawaran Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, menandai berakhirnya proses penjualan berlarut-larut yang secara resmi dimulai oleh keluarga Glazer lebih dari setahun yang lalu. 

Bloomberg pertama kali melaporkan bahwa keluarga Glazer akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas di tim tersebut, dan bahwa Ratcliffe muncul sebagai kandidat terdepan.

Berikut pernyataan yang dirilis pada Minggu (24/12/2023):

Ratcliffe akan mengakuisisi 25% saham Kelas B milik keluarga Glazer dan memulai penawaran tender untuk 25% saham Kelas A yang tercatat. Ratcliffe akan menginvestasikan US$300 juta ke klub. Investor baru akan mendapatkan dua kursi dewan.