Logo Bloomberg Technoz

Kronologi & Penyebab Ledakan Tungku Smelter ITSS

Muhammad Fikri
24 December 2023 15:00

Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Insiden ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) terjadi. Insiden yang berlokasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, ini menelan belasan korban jiwa.

Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan menjelaskan, ledakan tungku smelter ITSS terjadi pada sekitar pukul 05.30 WITA. Insiden tersebut berawal dari kecelakaan yang dialami sejumlah pekerja saat melakukan perbaikan tungku dan pemasangan pelat pada bagian tungku.

"Investigasi awal menemukan penyebab dari ledakan tungku smelter ITSS diperkirakan karena masih terdapat cairan pemicu ledakan pada bawah bagian tungku. Disekitar lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang biasa digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku," jelas Deddy dalam keterangan resmi yang diterima Bloomberg Technoz, Minggu (24/12/2023).

Ledakan awal yang terjadi menjadi pemicu awal ledakan beberapa tabung oksigen sekitar yang ikut meledak.

Kebakaran imbas ledakan tungku smelter berhasil dipadamkan pukul 09.10 WITA. Pekerja yang menjadi korban ledakan tungku smelter telah dibawa ke klinik 1 dan 2 PT IMIP.