Logo Bloomberg Technoz

15 Tewas dalam Insiden Ledakan Tungku Smelter ITSS Morowali

Muhammad Fikri
24 December 2023 13:27

Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Suasana Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 15 orang tewas dalam insiden ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang berlokasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari sejumlah media lokal, Minggu (24/12/2023), dari jumlah korban tewas ledakan tungku smelter ITSS, tiga di antaranya merupakan tenaga kerja asing asal China.

"Ada 15 orang meninggal dunia, 20 orang menderita luka bakar, ada juga tenaga kerja China yang teridentifikasi meninggal dunia [akibat ledakan tunggu smelter ITSS," kata Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Morowali, Katsaing.

Dia menambahkan, para korban ledakan tungku smelter ITSS, terutama yang membutuhkan pertolongan medis, telah dievakuasi ke rumah sakit di daerah Morowali. Pasalnya, hanya terdapat klinik pabrik smelter tersebut.

Sebelum ledakan tungku smelter ITSS terjadi, para pekerja sejatinya telah melakukan perbaikan tungku. Perbaikan ini dimulai pada pukul 5.30 WIB.