Logo Bloomberg Technoz

SGIE menjadi trending topic sejak Jumat malam lalu sampai pagi ini setelah dalam debat Cawapres, Gibran  melempar pertanyaan kepada Muhaimin, “Gus Muhaimin merupakan Ketua Umum PKB, tentunya mengetahui bagaimana cara menaikkan peringkat Indonesia di SGIE," kata Gibran.

Muhaimin merespon, “Mohon maaf apa itu SGIE?," kata Muhaimin.

State of the Global Islamic Economy atau SGIE adalah negara dengan kekuatan ekonomi syariah di dunia dimana Indonesia menempati urutan ke-4 di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab (UEA) berdasarkan laporan tahun 2022.

SGIE merupakan standarisasi yang diluncurkan DinarStandard yang setiap periodenya merilis  The Global Islamic Economy Indicator. Keadaan ekonomi Islam yang dipotret dalam SGIE mewakili produk minuman dan makanan, kosmetik, farmasi, feysen, media dan rekreasi, hingga keuangan. Seluruhnya berbasis syariah.

Terdapat 81 negara yang masuk dalam parameter Global Islamic Economy Indicator. Laporan DinarStandard juga didukung oleh Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) di Dubai.

Usai debat cawapres di Senayan Jakarta, capres nomor urut 1 Anies Baswedan merespon bahwa Gibran masih berdiskusi dalam tataran teknis, sedangkan pada level kontestasi level nasional idealnya membahas segala hal substantif. Perihal SGIE bisa dicari melalui mesin pencari Google, kata Anies. Namun sebagai sebuah pertanyaan, SGIE adalah sah.

“Publik nanti akan menilai apakah memang ini format cerdas cermat untuk hafalan atau ini format tentang ideologi, gagasan, nilai yg kemudian diwujudkan dalam kebijakan,” komentar Anies.

 

(red)

No more pages