Logo Bloomberg Technoz

Bandara Minangkabau Dibuka Kembali Pasca Erupsi Gunung Marapi

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 December 2023 17:00

Gunung Marapi meletus (X/Twitter BNPB)
Gunung Marapi meletus (X/Twitter BNPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengumumkan pembukaan kembali Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Pembukaan kembali atau Resume Normal Operational bandara ini berlaku pada hari Sabtu (23/12/2023), mulai pukul 05:54 WIB.

Pembukaan kembali bandara ini diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor NOTAM B2573/23 NOTAMC B2559/23. Sebagai informasi, Bandara Internasional Minangkabau sempat ditutup pada Jumat (22/12/2023) akibat terdampak erupsi Gunung Marapi. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni telah menginstruksikan kepada Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang agar terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait dalam hal perkembangan informasi Gunung Marapi.

“Pemantauan situasi dan koordinasi intensif sangat diperlukan dalam penanganan force majeure ini, agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," ujar Kristi.

Selanjutnya Kristi menjelaskan, terdapat 15 penerbangan yang terkena dampak dari erupsi Gunung Marapi, yang di antaranya 12 penerbangan domestik dan 3 penerbangan internasional.