Logo Bloomberg Technoz

Ini Rencana Google Usai Kalah Dalam Kasus Monopoli Play Store

News
23 December 2023 09:16

Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)
Perusahaan teknologi Google. (Dok: Bloomberg)

Leah Nylen dan Davey Alba—Bloomberg News

Bloomberg, Google dengan dukungan Alphabet Inc mempertimbangkan untuk mengubah model penetapan harga toko aplikasinya untuk menghindari tindakan tegas dari regulator. Pada saat yang sama Google membatalkan proposal untuk mengenakan biaya yang ditetapkan per aplikasi setelah diketahui bahwa hal tersebut dapat merugikan perusahaan miliaran dolar, menurut dokumen yang dirilis pada hari Kamis malam.

Google menciptakan Project Everest pada tahun 2021 untuk mempertimbangkan kembali model penagihan Play Store, menurut dokumen tersebut, yang dirilis sebagai bagian dari gugatan antimonopoli oleh Epic Games Inc

Google pekan lalu kalah dalam gugatan yang diajukan oleh produsen Fortnite itu dimana juri federal menemukan bahwa raksasa teknologi itu menyalahgunakan kekuatan monopoli atas toko aplikasi.

Dipicu oleh meningkatnya tekanan dari regulator dan pengembang atas komisi Google Play sebesar 30%, presentasi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan teknologi pencarian di internet ini khawatir tentang apa yang dilihatnya sebagai potensi pelanggaran peraturan.