Logo Bloomberg Technoz

Apa itu SGIE, Pertanyaan Gibran ke Cak Imin Saat Debat Cawapres

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 December 2023 08:48

Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - State of the Global Islamic Economy (SGIE) menjadi perbincangan pasca debat cawapres, yang menjadi rangkaian kedua kontestasi Capres-Cawapres, Jumat (23/12/2023) malam. Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2 melempar pertanyaan kepada Muhaimin Iskandar, Cawapres nomor urut 1, yang lantas direspon, “Mohon maaf apa itu SGIE?”

Lantas apa itu State of the Global Islamic Economy atau SGIE? Adalah negara dengan kekuatan ekonomi syariah di dunia dimana Indonesia menempati urutan ke-4 di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab (UEA) berdasarkan laporan tahun 2022.

SGIE merupakan standarisasi yang diluncurkan DinarStandard yang setiap periodenya merilis  The Global Islamic Economy Indicator. Keadaan ekonomi Islam yang dipotret dalam SGIE mewakili produk minuman dan makanan, kosmetik, farmasi, feysen, media dan rekreasi, hingga keuangan. Seluruhnya berbasis syariah.

Terdapat 81 negara yang masuk dalam parameter Global Islamic Economy Indicator. Laporan DinarStandard juga didukung oleh Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) di Dubai.

Angka konsumsi umat muslin dunia. (Dok: DinarStandard)

Pada laporan tahun 2021 DinarStandard menyampaikan bahwa umat Islam di seluruh dunia menghabiskan sekitar US$2 triliun untuk berbelanja di seluruh sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan, dan media. Terjadi pertumbuhan 8,9% sepanjang tahun, dan angka konsumsi bisa naik hingga US$2,8 triliun hingga tahun 2025. Angka yang lebih tinggi lagi di keuangan syariah, yang diperkirakan mencapai US$4,9 triliun tahun 2025.