Logo Bloomberg Technoz

SGIE yang memiliki nama lengkap State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report merupakan laporan tahunan dari lembaga riset DinarStandard. Dalam SGIE Report 2022, ekonomi syariah di Indonesia merupakan nomor empat di antara negara seluruh dunia. Adapun makanan halal Indonesia duduk diperingkat kedua dunia.

Meski demikian, istilah SGIE bukanlah istilah yang umum di masyarakat Indonesia. Hal tersebut kemudian mendapatkan kritikan dari calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

"Jadi ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis pada level ini bisa dijawab dengan Google sebenarnya. Karena yg dibutuhkan di tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang substantif," ujar Anies.

Menurut Anies, publik bisa menilai apakah pertanyaan Gibran itu sah karena pertanyaan yang cukup teknis, bukan substantif. "Tetapi sebagai pertanyaan tentu sah-sah saja dan publik nanti akan menilai apakah memang ini format cerdas cermat untuk hafalan atau ini format tentang ideologi, gagasan, nilai yg kemudian diwujudkan dalam kebijakan," ujar Anies menanggapi.

Bukan kali ini ada pertanyaan 'jebakan' mengenai hal-hal yang teknis. Pada Pilpres 2014 lalu, Jokowi dalam debat capres melontarkan pertanyaan soal TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Istilah TPID memang tidak tidak umum apabila ditanyakan dalam sebagai singkatan.

(dba)

No more pages