Logo Bloomberg Technoz

Gibran Ibaratkan Wajib Pajak seperti Hewan di Kebun Binatang

Dovana Hasiana
22 December 2023 22:18

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat kedua Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat kedua Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengibaratkan para wajib pajak layaknya hewan di kebun binatang. Hal itu dilontarkan saat menanggapi pertanyaan Cawapres Mahfud MD terkait rasio pajak (tax ratio) dalam Debat Cawapres.

Dalam Debat Cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (22/12/2023) malam ini, Mahfud mempertanyakan gagasan Gibran yang ingin menaikkan tax ratio mencapai 23%. Menurut Mahfud, target itu tidak masuk akal, mengingat tax ratio Indonesia saat ini baru berada di angka 10% terhadap produk domestik bruto (PDB). 

Mahfud juga menanyakan perbedaan antara definisi penerimaan pajak dan tax ratio. Namun, Gibran tak menjawab dengan lugas terkait target tax ratio dalam dokumen visi misi miliknya. Putra Presiden Joko Widodo ini hanya menjelaskan perbedaan strategi menaikkan penerimaan pajak. 

"Tax ratio dan penerimaan pajak itu beda. Kami ini tidak ingin berburu di dalam kebun binatang, kami ingin memperluas kebun binatang, kami tanami, binatangnya kami gemukkan, buka dunia usaha baru," ujar Gibran.

Dia menjelaskan, strategi lainnya adalah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan pajak, tanpa memberatkan pihak-pihak tertentu.