Logo Bloomberg Technoz

Dicecar Gibran Soal SGIE, Imin Janji Gratiskan Sertifikat Halal

Pramesti Regita Cindy
22 December 2023 21:38

Muhaimin Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Muhaimin Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 2, Muhaimin Iskandar, menyebut akan membantu kemudahan sertifikat halal untuk menaikkan posisi Indonesia dalam ranah State of the Global Islamic Economy (SGIE).

“Indonesia dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, juga besar bukan hanya dalam hal ekonomi syariahnya, tetapi juga dalam pariwisata syariah dan perbankan syariah. Kita juga punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia,” ujarnya dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023).  

“Untuk menaikkan peringkat kita di SGIE, ada beberapa hal yang akan kami lakukan, seperti menyiapkan seluruh perangkat regulasi agar tumbuh kembang seluruh industri halal, termausk bagaimana membantu sertifikasi halal murah, bahkan gratis, bagi UMKM.”

Cak Imin menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, terkait dengan posisi Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbanyak di dunia, tetapi peringkatnya rendah di SGIE.

“Karena Gus Muhaimin adalah ketua umum dari Partai PKB, saya yakin sekali paham masalah ini. Bagaimana langkah untuk menaikkan peringkat RI di SGIE State of the Global Islamic Economy?” tanya Gibran.