Logo Bloomberg Technoz

Gibran Akan Bikin Badan Penerimaan Pajak di Bawah Presiden

Pramesti Regita Cindy
22 December 2023 21:24

Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Gibran Debat Cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden Nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjanjikan kelahiran Badan Penerimaan Pajak bila terpilih menjadi Cawapres 2024-2029. Hal tersebut disampaikan Gibran untuk menjawab pertanyaan dari Mahfud MD dalam Debat Cawapres, Jumat (22/12/2023).

"Kalau rasio pajak dinaikkan ke level 23%, dalam simulasi kami angka itu hampir tidak masuk akal, karena pertumbuhan ekonomi bisa 10%, padahal sekarang ekonomi hanya tumbuh 5%-6%. lalu bagaimana Anda mau menaikkan pajak? Wong insentif pajak saja orang tidak mau ambil," tanya Mahfud.

Gibran menjawab bahwa menaikan penerimaan pajak dan menaikan rasio pajak adalah hal yang berbeda. Menurut dia, untuk menaikan penerimaan pajak diperlukan lembaga baru yaitu Badan Penerimaan Pajak. "Itu adalah Dirjen Pajak dan Dirjen Bea Cukai melebur jadi satu dan langsung di bawah Presiden," ujarnya.

Menurut dia, Badan Penerimaan Pajak di bawah Presiden akan memudahkan koordinasi lintas kementerian dalam meningkatkan penerimaan pajak.