Logo Bloomberg Technoz

Mahfud Serang Imin Soal Bangun Puluhan Kota

Redaksi
22 December 2023 20:39

Mahfud debat cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Mahfud debat cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengkritik gagasan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar yang berambisi ingin membangun 40 kota selevel dengan Jakarta.

Menurut Mahfud MD, rencana membangun 40 kota dalam periode pemerintahan 5 tahun merupakan hal yang mustahil. Hal ini mengacu pada rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara, di Kalimantan Timur, yang baru akan terlaksana setelah rencana bertahun-tahun.

"Saya agak kaget mau membangun 40 kota selevel jakarta, ya apa itu bisa dilaksanakan dalam 5 tahun? Berapa kota dalam 5 tahun? IKN saja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, investasi saja baru dalam bentuk janji, belum dilaksanakan," ujar Mahfud dalam Debat Cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Jumat (22/12/2023).

Menurut Mahfud, membangun 40 kota metropolitan seperti Jakarta merupakan rencana yang sangat luar biasa yang sulit dicapai.

Mahfud juga mempertanyakan pembiayaan pembangunan 40 kota dengan kebutuhan anggaran yang tentu sangat besar. Pasalnya, jika hanya rencana tanpa strategi rinci yang jelas, maka hanya akan menjadi ambisi yang spekulatif.