Logo Bloomberg Technoz

Gibran Mau Ekonomi RI Merata, Faktanya Jawa Masih Berkuasa

Mis Fransiska Dewi
22 December 2023 19:40

prabowo-gibran-debat-cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)
prabowo-gibran-debat-cawapres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) edisi perdana. Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2, mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi-misinya.

Gibran, yang berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto, menyebut hilirisasi sebagai program utamanya. Bukan hanya di sektor pertambangan, tetapi juga pertanian, perikanan, digital, dan lain-lain.

"Kita lanjutakan pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris," tegas Gibran dalam debat Cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Pemerataan pembangunan, lanjut Gibran, adalah hal yang wajib dilakukan. Saat ini arahnya sudah benar, dengan 53% investasi berada di luar Pulau Jawa. 

"IKN (Ibu Kota Negara) akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, membuka akses konektivitas dan lapangan kerja. IKN bukan hanya membangun bangunan, tetapi juga simbol pemerataan dan pembangunan transformasi Indonesia," kata putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.