Logo Bloomberg Technoz

PGN Buka Pintu Kolaborasi Usai Temuan Cadangan Jumbo Gas Andaman

Mis Fransiska Dewi
22 December 2023 17:45

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN membuka peluang kolaborasi sejalan dengan penemuan cadangan gas di South Andaman oleh Mubadala Energy.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Rosa Permata Sari mengatakan, temuan besar cadangan gas tersebut akan berdampak positif terhadap sektor hilir minyak dan gas (migas) yang telah terbukti memiliki peran besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan.

"PGN sebagai pemilik jaringan dan infrastruktur gas bumi terbesar di Indonesia siap berkolaborasi dengan para pelaku usaha hulu migas untuk menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/12/2023).

Sebelumnya, Mubadala Energy yang tergabung dalam kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) menemukan cadangan gas bumi dari Eksplorasi Layaran-1 South Andaman. Cadangan gas bumi dari blok yang dilelang pada 2018 lalu ini mencapai lebih dari 6 TCF (trillion feet cubic).

Sebelumnya ENI, perusahaan migas asal Italia, juga menyatakan adanya penemuan cadangan gas dari sumur eksplorasi Geng North-1 di Blok North Ganal sebesar 5 TCF dengan kandungan kondensat diperkirakan mencapai 400 Mbbls. Blok migas ini Berlokasi sekitar 85 kilometer dari lepas pantai Kalimantan Timur, Indonesia.