Logo Bloomberg Technoz

YLKI Minta Pemerintah Beri Kepastian Publik soal Skandal Daihatsu

Angga Indrawan
22 December 2023 17:10

Salah satu line perakitan Daihatsu Xenia multi-purpose di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, bagian dari Astra Intertional. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)
Salah satu line perakitan Daihatsu Xenia multi-purpose di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, bagian dari Astra Intertional. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendorong pemerintah meminta klarifikasi utuh kepada Daihatsu Indonesia, berkaitan dengan terungkapnya skandal Daihatsu soal pemalsuan sertifikasi uji tabrakan dan keselamatan. 

YLKI ingin konsumen memiliki kepastian bahwa skandal Daihatsu yang terjadi di sejumlah negara, tidak terjadi di Indonesia. YLKI meminta pemerintah dalam hal ini Kemenhub memastikan tidak ada produk-produk Daihatsu yang merupakan produk dari skandal uji keselamatan.

"Pemerintah dalam hal ini Kemenhub memiliki lembaga yang memiliki tanggung jawab dalam keselamatan berkendara," ujar Ketua Harian YLKI, Sudaryatmo kepada Bloomberg Technoz, Jumat (22/12/2023).

Tak hanya meminta klarifikasi, kata Sudaryatmo, pemerintah juga perlu memverifikasi klarifikasi dari pabrikan dengan melakukan temuan pembanding. Misalnya, kata dia, terkait dengan angka kecelakaan yang melibatkan produk-produk kendaraan yang ditelusuri.

"Data kecelakaan bisa dilihat melalui data yang dimiliki Polri atau KNKT, misalnya," ujar Sudaryatmo menegaskan.